Jumat, 27 Juni 2014

Memanfaatkan Sisa Roti Tawar


ROTI TAWAR SISA DALAM BERBAGAI VARIASI



Tulisan ini saya ambil dari sebuah kliping yang tidak diketahui apa judulnya, asal korannya, ataupun tahunnya






Broodpap (bubur roti)
Keperluan:
200 gr roti tawar yang sudah beberapa hari dan sudah dibuang kulitnya. 1/4 liter susu, sedikit garam, stroop atau juruh gula Jawa.

Membuat:
Susu dengan dibubuhi sedikit garam didihkan. Masukkan roti tawar yang sudah dipotong persegi-persegi sebesar dadu. Masak kira-kira 5 menit, lalu angkat. Dihidangkan panas-panas. Sajikan dipiring siram dengan stroop atau juruh gula jawa.



Broodschotertje met Appelmoes
Keperluan:
200 g roti tawar yang sudah beberapa hari dan yang sudah dibuang kulitnya, 1 1/4 liter susu, sedikit garam, 1/2 kg appel masam. 100 g gula halus, 50 g mentega, 2 sendok teh bubuk kayumanis (keningar), l butir telur ayam.

Membuat:
Appel dikupas. Potong-potong, lalu segera rendam dalam air dingin, supaya tidak hitam. Didihkan sedikit air, masukkan appelnya, masak dengan panci terbuka kira-kira 15 menit dengan kadang-kadang diaduk-aduk supaya tidak melekat pada dasar panci. Jika sudah empuk angkat. lalu tekan-tekan dengan sendok kayu sampai hancur, bubuhi gula yang sudh dikopiok dengan kuning telur. Putih telur dikopiok sampai putih, lalu masukkan ke dalam adonan appel. Ini dinamakan appelmoes. Roti diiris-iris lebar kira-kira 1 cm tebalnya, pulas pada kedua sisi dengan mentega. Sediakan mangkok yang tahan panas, susun merapat potongan-potongan roti, lalu tutup dengan appelrnoes. Mangkok diisi dengan roti dan appelmoes sampai semua bahan habis, lapisan teratas harus berupa roti. Taburkan gula yang sudah dicampur dengan keningar pada lapisan teratas, lalu panggang dengan api sedang. Waktu memanggang kira-kira 20 menit.




Broodschoteltje met Krenten
Keperluan:
200 g roti tawar yang sudah dibuang kulitnya, 450 cc susu, 2 butir telur ayam, 100 g kismis, 50 g sukade, 60 g gula, 50 g mentega, 25 cc rum, 2 sendok teh keningar.

Membuat:
Roti direndam susu yang sudah dididihkan, lalu aduk-aduk sampai hancur, campurkan kuning telur, gula, kismis, dan sukade yang sudah diiris-iris halus dan rum. Putih telur dikopiok sampai putih dan berbusa sekali, campurkan dengan perlahan-lahan ke dalam adonan roti. Sediakan mangkok yang tahan panas, ulas mentega, lalu masukkan adonan roti. Atasnya taburi gula yang sudah dicampur dengan keningar. Panggang di oven dengana api sedang sampai kuning kecoklat-coklatan.





Broodschoteltje Met Sinaasappelen 
Keperluan:
200 g roti tawar yang sudah beberapa hari dan yang sudah dibuang kulitnya, 450 cc susu, sedikit garam, air jeruk dari 4 buah sinaasappelen atau dari 6-8 jeruk garut. 2 butir telur ayam, 100 g gula halus, 60 g mentega.

Membuat:
Roti direndam susu panas, aduk-aduk sampai hancur. Mentega dengan gula dikopiok sampai putih, masukkan kuning telur satu demi satu sambil adonan dikopiok terus sampai rata. Campurkan adonan roti dan air jeruk, aduk-aduk rata, terakhir masukkan putih telur yang sudah dikopiok sampai putih dan berbusa sekali. Tuang adonan ini ke mangkok yang tahan panas dan sudah diulas mentega, lalu panggang di oven dengan api sedang sampai berwarna kuning coklat.



Broodomelette (roti dadar) 
Keperluan:
200 g roti tawar yang sudah dibuang kulitnya, 60 g gula, 75 g mentega, 3 butir telur ayam, 200 cc susu, vanille, selei arbei.

Membuat:
Roti direndam susu panas, aduk-aduk sampai hancur, masukkan vanille, gula dan kuning telur, ratakan. Terakhir masukkan putih telur yang sudah dikopiok sampai putih berbusa. Panaskan separuh dari mentega di penggorengan telur, goreng separuh dari adonan telur, balik sampai kedua sisih berwama kuning coklat. Sisa adonan juga digoreng seperti tersebut. Dihidangkan panas-panas dengan diulas dulu dengan selei dan ditaburi sedikit gula halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar