Selasa, 17 Juni 2014

Aneka Olahan Ikan Bandeng



HIDANGAN DARI IKAN BANDENG



Resep-resep ini saya ambil dari sebuah kliping koran, kemungkinan Koran Indonesia Raya tahun 60an-80an, dengan judul "Beberapa Petunjuk bagi Para Ibu", Asuhan Nyonya Rumah.




Jika anda penggemar hidangan dari ikan bandeng, silahkan coba resep2 di bawah ini.

Dendeng Bandeng
Keperluan:
1 kg ikan bandeng, 2 peres sendok makan ketumbar, 1 sendok teh peres jinten, 5 siung bawang putih, laos muda 2-3 iris, 20 gr. garam, 1 ons gula jawa, 2 sendok makan air asam.

Membuat:
Bandeng dibelah supaya lebar, buang isi perutnya, sisiknya dibiarkan, cuci bersih, lalu tiriskan. Bumbu2 ditumpuk halus, bubuhi air asam lalu lumuri bandeng bagian belahan dengan bumbu tersebut jemur sampai kering. Dapat digoreng atau di panggang sebagai teman makan nasi.


Otak Bandeng
Keperluan:
Seekor bandeng yang besar, 1 lombok merah yang sudah digoreng 1/2 sendok teh terasi, 1 sendok bawang goreng, 1 sendok teh ketumbar, sedikit gula, merica, garam, kira2 1/2 cangkir santan kental, 1 butir telur ayam.

Membuat:
Bandeng dicuci bersih, lalu dibuang sisiknya, dengan pelahan dan hati2 bandeng dipukul, misalnya dengan batang pisau, lama ke lamaan dagingnya menjadi empuk dan terlepas dari kulitnya. Potong sedikit ikan tersebut didekat insangnya dibelakang kepala. Dari lubang itu dengan hati2 daging ikan serta tulang2nya dikeluarkan. Jangan sampai kesangkut kulitnya. Buang tulang2nya sampai bersih Bumbu2 harus ditumbuk halus, campur dengan daging ikan, telur dan santannya, aduk2 rata, lalu isikan kedalam kulit bandeng. Kalau isi sudah masuk semua, kepala bandengan ditekan sedikit supaya lubang dekat insangnya tertutup betul, gulung dengan daun pisang, lalu kukus sampai matang. Setelah dikukus dapat juga digoreng, daunnya dilepas dulu.


Sate Bandeng
Keperluan:
2 ekor bandeng yang besar. Kira2 1 cangkir santan kental, 1 ons bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 sendok makan ketumbar, sepotong terasi, 1 sendok makan air asam, sepotong gula jawa, garam secukupnya, sesendok makan tepung kanji atau terigu, 2 gapitan dari bambu.

Membuat:
Setelah bandeng dicuci bersih, diperlakukan seperti membuat otak2 bandeng. Setelah daging dan tulang2nya dikeluarkan, bersihkan tulang dan duri2nya. Ketumbar disangrai dulu tumbuk sampai halus, 2 macam bawang digoreng kering, campurkan kepada lain2 bumbu ulek halus bubuhi santan kental. Dari bumbu2 ini ambil kira2 sesendok, sisanya dicampur dengan daging ikan, aduk2 rata, lalu masukkan pula kedalam kulit bandeng. Gapit bandeng dengan bambu, ujungnya diikat. Bumbu yang dipisahkan dicampur kirai2 sesendok minyak ke Bandeng yang sudah digapit dipulas dengan bumbu tersebut lalu panggang diatas api arang. Apinya kecil2 saja.


Sarden Bandeng 
Keperluan:
1 kg ikan bandeng, 1/4 kg tomat yang merah, 2,3 lombok merah yang besar, 10 bawang merah, 2 sendok makan margarine, garam dan gula secukupnya, 2 sendok makan kecap Inggris.

Membuat:

Bandeng dibersihkan, buang ekor dan kepalanya, lalu potong menjadi dua. Sediakan panci, bawahnya alasi dengan sedikit merang, lalu susun ikan bandeng dipanci ini. Tomat dan lombok direbus sampai empuk. Tomat diperas dan lombok dibuang bijinya. Bawang, lombok, gula dan garam ditumbuk halus, tumis dengan margarine lalu tuangi air tomatm tuang semua ini kedalam panci, bubuhi kecap Inggris lalu masak dengan panci tertutup sampai mendidih, kecilkan apinya, lalu masak kira2 8 jam dengan api kecil. Kadang2 dilihat, kalau kuahnya tinggal sedikit ditambah sedikit air. Bandeng yang di masak dengan cara ini duri2nya bertambah lunak. Lebih baik ditindih dengan barang berat selama memasak supaya ikannya tidak goyang, hasilnya lebih bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar