Selasa, 17 Juni 2014

Aneka Kue Kering Asin

KUE-KUE ASIN


Resep-resep ini saya ambil dari sebuah kliping koran, kemungkinan Koran Indonesia Raya tahun 60an-80an, dengan judul "Beberapa Petunjuk bagi Para Ibu", Asuhan Nyonya Rumah.







Zoute Krakelingen.
Keperluan:
260 gr tepung terigu, 150 gr mentega, 2 telur ayam, garam secukupnya. 1/2 sendok teh bakpoeder, 2-3 sendok makan susu, merah telur untuk memulas atasnya.

Membuat:
Tepung, bakpoeder dan garram dicampur menjadi satu aduk2 rata, masukkan telurnya yang terlebih dulu sudah dikopiok sebentar, campurkan susu, mentega. Aduk2 sampai merupakan adonan yang dapat dipulung. Pulung panjang2 lalu buat model krakeling, taruh diloyang yang sudah dipulas mentega. Pulas atasnya dengan merah telur yang sudah dikopiok dengan sedikit air dan garam (1 merah telur dicampur dengan 1 sendok makan air dan sedikit garam), lalu panggang sampai kuning.


Kaasbiscuits.
Keperluan:
150 gr tepung terigu, 150 gr mentega, 100 gr keju parutan (oude kaas), l telur ayam, merah telur untuk memulas atasnya.

Membuat:
Semua bahan2 kue kecuali merah telur dicampur menjadi satu, aduk2 sampai merupakan adonan yang dapat dipulung. Jika kurang lemas boleh ditambah sedikit air. Gilas tipis ditalenan yang sudah ditawuri tepung terigu, lalu cetak bulat2 kecil. Taruh diloyang yang sudah dikopiok dengan sedikit
air dan garani (1 merah telur dicampur dengan 1 sendok makan air dan sedikit garam), lalu panggang sampai kuning.


Kaassprihjes.
Keperluan:
200 gr tepung terigu, 160 gr mentega, 75 gr keju parutan, 1 telur ayam, 1/2 sendok teh bakpoeder, garam.

Membuat:
Mentega, garam di kopiok sampai putih, masukkan telurnya, kopiok sebentar lagi sampai tercampur rata. Tepung terigu dicampur dengan bakpoeder dan keju parutan, aduk2 rata lalu masukkan kedalam mentega kopiokan, aduk2 dengan centong kayu, jika sudah rata masukkan kedalam cetakan kue-semprit, lalu sempritkan diloyang yang sudah dipulas masukkan dengan bentuk later S.


Kaasvlinders.
Keperluan:
250 gr tepung terigu, 125 gr korstvet, 100 gr air, 1 telur ayam, 1 sendok teh garam. 1 ons parutan kayu (oude kaas).

Membuat:
Tepung terigu, garam, telur dan air diaduk sampai merupakan adonan yang dapat dipulung; diamkan adonan kira2 1/4 jam lalu gilas tipis ditalenan yang sudah ditawuri tepung terigu. Pulas adonan ini dengan korstvet yang sudah dllemaskan ( diulek dulu, lalu lipat seperti melipat saputangan. Diamkan pula adonan kira2 1/4 jam, gilas tipis ditalenan yang sudah ditawuri tepung terigu. Tawuri 50 gr parutan keju, lalu liipat, diamkan pula kira2 1/4 jam. Gilas sekali lagi, tawuri dengan sisa keju, lipat lalu diamkan lagi kira2 setebal batang korek api. Potong lebar2, gurat tengahnya lalu gulung kedua ujung ketengah. Taruh dilemari es atau ditempat yang dingin diamkan kira2 4 jam, lalu potong2 setebal 1/3 cm. Taruh diloyang yang sudah dipulas mentega lalu panggang sampai kuning.


Zoute alumettes.
Keperluan dan membyatnya sama dengan resep kaasvlinders, hanya ini dipotong panjang2 dengan ukuran 10 cm panjang dan 2 cm lebar. Atasnya dipulas dengan merah telur dan ditawuri sedikit garam halus.


Kaasstokjes. 
Sama dengan resep kaasvlinders, hanya adonannya tidak pakai campuran keju. Dipotong panjang2 dengan ukuran panjang 7 cm dan lebar 1 1/2 cm. Atasnya dlpulas dengan merah telur, lalu ditawuri dengan keju parutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar