Selasa, 17 Juni 2014

Aneka Masakan Ikan




SEMUA SERBA IKAN


Resep-resep ini saya ambil dari sebuah kliping koran, kemungkinan Koran Kompas tahun 95an-99an, Asuhan Nyonya Rumah.




Ikan Goreng Bumbu Taosi
Keperluan:
5-6 ekor ikan bawal putih ukuran kecil, 5-6 sendok makan minyak goreng, l batang prei diiris halus, 2 lombok merah diiris bulat 1/2 cm, 2 sendok makan taosi (asinan kedele hitam), 1 sendok teh garam, 2 sendok teh gula, 2 sendok makan kecap, 1/2 sendok makan arak beras, sedikit penyedap.

Membuat:
Ikan dibersihkan, buang isi perut, insang dsb. Cuci bersih lalu lap kering dengan tissue. Panaskan minyak di wajan, baiknya pakai wajan yang datar dan anti lengket. Masukan 1/2 bagian dari ikan, goreng sampai kedua sisi berwarna kuning kecoklatan, lalu angkat. Sisa minyak dipakai untuk menumis bumbu-bumbu, aduk-aduk sebentar, lalu masukkan ikan gorengnya. Bubuhi 3 sendok makan air, tutup wajannya api dikecilkan. Masak +/- 3 menit, lalu angkat. Sajikan.




Ikan Tim
Keperluan:
1 ekor ikan kakap merah yang besar (+/- 1 kg), 2 sendok makan prei yang sudah disebit-sebit panjang dan tipis, 2 sendok makan jahe yang sudah diiris halus panjang, 4 sendok makan
minyak goreng.
Bumbu:
2 sendok makan kecap, 1/2 sendok teh penyedap, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh gula, 1/2 sendok makan arak beras, 1/2 cangkir air.
Membuat:
Ikan dibersihkan, buang isi perut dan insangnya, lalu cuci berih. Panaskan langseng, jika airnya sudah mendidih masukkan ikan yang sudah diletakkan di tempat yang tahan panas, lalu tutup langsengnya. Masak dengan api besar +/- 8 menit lalu matikan apinya. Biarkan ikan di dalam langseng tertutup, setelah 5 menit baru dikeluarkan. Panaskan minyak di wajan, masukkan prei dan jahe serta bumbu-bumbu. Segera diaduk-aduk, lalu bubuhi air yang keluar dari ikan tim serta 1/2 cangkir air. Didihkan, lalu siramkan kuah ini pada ikan yang sudah dipindahkan di piring yang serasi.



Ikan Goreng Kering 
Keperluan:
Untuk ini pakailah ikan layur, pilih bagian yang tebal, +/- 5-6 potong, tiap potong 6-7 cm.

Bumbunya:
(A). 2 sendok makan kecap, 2 sendok teh gula, 1/2 sendok teh garam, sedikit penyedap, 1/2 sendok teh bubuk ngohiang, 1 sendok makan arak jahe, atau 1 iris jahe dimemarkan direndam dalam 1 sendok makan arak, diamkan beberapa saat lalu peras.
(B). 4 sendok makan tepung kanji, 1 sendok makan tepung terigu.

Membuat:
Ikan dibersihkan, keringkan seluruhnya dengan tissue, lalu lumuri dengan bahan A. Diamkan +/- 1 jam lalu gulingkan ikan ke dalam bahan B. Panaskan banyak minyak di wajan, goreng ikan sampai kering +/- 5-6 menit. Angkat, lalu hidangkan.



Ikan Kembung dengan Saus Tomat
Keperluan:
1 kg ikan kembung, pilih yang besar-besar dan segar, 1/2 sendok makan bawang putih yang sudah dimemarkan, 6 sendok makan minyak, 1 sendok makan, terigu, baiknya dibungkus kain kasa (gaas).

Bumbu:
(A) 1 sendok makan arak jahe, 1 sendok teh garam. (B) 4-5 sendok makan saus tomat, 6 sendok makan cuka, 3-4 sendok makan gula,_+/- 1/2 cup air, 1/2 sendok teh penyedap.

Membuat:
Ikan dibersihkan, lalu lumuri dengan bahan A. Diamkan +/- 20 menit lalu keproki dengan tepung terigu yang sudah dibungkus dengan kain kasa supaya tipis merata. Panaskan minyak di wajan, goreng ikan sampai kuning kecokelatan, angkat. Sisa minyak dipakai untuk menumis bawang putih, jika sudah berbau harum masukkan bahan B. Didihkan lalu masukan ikan goreng, tutup wajannya, lalu kecilkan apinya. Masak sampai bumbunya meresap, lalu angkat. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar